POLA PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL DAN KOGNITIF ANAK

Proses perkembangan anak hingga usia sekolah, yang mendeskripsikan ciri-ciri “normal” (adaptif) atau “menyimpang” (maladaptif) dengan menggunakan dasar-dasar teori perkembangan psikososial dan kognitif.

•    Tugas/kebutuhan perkembangan: Usia 0-2 tahun

–     Homeostasis. 

–     Diferensisasi somatopsikologik (sensorimotor).

–     Dependency, safety & security.

–     Attachment-mutual recognition.

Kemampuan anak yang adaptif:

  • Keseimbangan      regulasi      internal      (fisiologik,      sensitivitas-responsivitas).
  • Respons Afektif-Interaktif yang multi-Sistim Contigent terhadap pengasuh.
  • Kemampuan  Sensomotorik   semakin   berkembang   &  bertujuan (diferensiasi persona, benda, gerak).

Lingkungan yang adaptif:

  • Sikap keterlibatan yang menyenangkan penuh harapan, dedikasi, protektif, sayang.
  • Merangsang  interaksi  yang  melibatkan  semua  sistim  (sensori-motor-afektif).
  • Responsif dan prediktif terhadap signal-signal komunikasi anak.

Kemampuan anak yang maladaptif:

  • Regulasi  internal  yang  kacau,  fisiologi  tubuh  tidak  menentu, mudah terangsang secara berlebihan (hyperexcitable).
  • Menarik diri, apatis.
  • Tidak ada keterlibatan/respons afektif/ motorik dengan orang lain.
  • Kemampuan sensomotorik tidak harmonis.

Lingkungan yang maladaptif:

  • Kacau, berbahaya, abusive
  • Hiper / hipostimulatif
  • Hubungan/interaksi personal yang dingin, jauh, ambivalen,hostil
    • Tidak komunikatif, tidak sensitif/ menyalahartikan signal-signal komunikasi anak.

•    Tugas / kebutuhan perkembangan Usia 2-6 tahun:

–     Meningkatkan integrasi & koordinasi, diferensiasi sensomotorik. 

–     Mengembangkan otonomi & inisiatif.

–     Meningkatkan diferensiasi representasi simbolik dunia objek

dan peristiwa (bahasa, imajinasi, fantasi). – Sifat egosentrik menjadi kebersamaan yang terbatas.

Kemampuan anak yang adaptif:

  • Kemampuan sensomotorik yang lebih kompleks, terintegrasi dan inovatif.
  • Keras kepala, oposisional.
  • Banyak bertanya, banyak ide & fantasi.
  • Perhatian besar pada dunia dongeng.
  • Bermain simbolik-imitatif (pretend play).
  • Interaksi afektif interpersonal meningkat.
  • Bermain, melakukan kegiatan bersama masih terbatas.

Lingkungan yang adaptif:

  • Mengagumi otonomi & inisiatif anak.
  • Toleran, Tegas tapi Suportif, Tut Wuri Handayani.
  • Kesiapan emosional menghadapi fluktuasi progresi-regresi anak.
    • Membantu   anak   menghadapi   realitas   “law   &   order”   dalam kehidupan.

Kemampuan anak yang maladatif:

  • Pola perilaku dan Afek yang tidak sesuai/serasi, sempit, kaku, stereotipik.
  • Menarik diri, terlalu pasif, penurut.
  • Kelengketan pada pengasuh cemas berpisah.
  • Hiperagresif, fluktuasi afek yang kacau.
  • Tidak komunikatif, kurang kontak dengan orang lain disekitarnya.

Lingkungan yang maladaptif:

  • Terlalu  intrusif,  mengatur,  melarang/mengekang  inkonsisten, punitif.
  • Terlalu menuntut anak diluar kemampuannya.
  • Terlalu kawatir dan takut pada otonomi anak.
  • Menghambat otonomi & inisiatif anak.
    • Sangat  membatasi  imajinasi,  bermain,  berhubungan  dengan orang lain.

Tugas dan kebutuhan perkembangan Usia 6-12 tahun.:

–       Pengoperasian  sistim  representasional  simbolik  yang  lebih kompleks.

–       Task Completion Ability.

–       Meningkatkan   differensiasi   pelbagai   kegiatan/tugas   yang berhasil karya.

–       Meningkatkan hubungan interpersonal yang bermakna dan luas dengan orang lain (companionship, sharing).

Kemampuan anak yang adaptif

  • Mampu menyelesaikan tugas secara operasional dan tuntas.
    • Perhatian/daya tarik pada diferensiasi tugas/kegiatan yang lebih luas.
    • Mampu membedakan imagery dan realitas.
    • Kagum pada idola diluar orang tua.
    • Keinginan berteman (hubungan teman sebaya).
    • Lebih mampu untuk menunda pemuasan segera.

Lingkungan yang adaptif:

  • Membantu, mendorong anak memperluas diferensiasi representasi simbolik.
  • Mendorong anak untuk asertif dan ekspresif.
    • Membantu anak memantapkan norma-norma sosial (”law & order”).
    • Mendorong dan membantu anak dalam pelbagai “experimentasi” yang sesuai fase perkembangan (ketrampilan skolastik dan extraskolastik, teknologi, hubungan interpersonal).

Kemampuan anak yang maladaptif:

  • Tidak didapatkan elaborasi representasi simbolik.
  • Kemampuan operasional tidak berkembang baik.
  • Masalah dalam mengikuti pelajaran sekolah.
  • “Sense of Self” tidak terdiferensiasi, sempit, kaku.
  • Egosentrik dalam hubungan dengan orang lain.
    • Hubungan afektif dangkal, menarik diri, tidak ada ketertarikan pada hubungan teman sebaya.
    • Tidak tertarikpada kegiatan-kegiatan yang bervariasi.
    • Masalah dalam kemandirian yang sesuai fase anak.

Lingkungan yang maladaptif:

–     Takut atau menyangkal kebutuhan anak untuk semakin mandiri, kompetitif, memperluas kesenangan akan kegiatan yang bervariasi.

–     Kurang menghargai prestasi anak, dingin dan tidak peduli.

–        Inkonsisten dalam disiplin (terlalu permisif- terlalu punitif).

–        Mempertahankan ikatan simbiotik dengan orang tua.

–        Melarang atau terlalu melibatkan anak dalam kompetisi.

–        Tuntutan pendidikan diluar batas kemampuan anak.

–        Memakai anak untuk kepuasan narsistik orang tua.

  • Setiap pendekatan klinis untuk mengerti normal atau menyimpangnya perkembangan anak harus dimulai dengan melakukan assessment dari semua faktor itu, dan difokuskan secara lebih spesifik pada yang terkait dengan penanganan anak sehari-hari.
  • Fase remaja tidak dibicarakan pada kesempatan ini karena, selain terbatasnya waktu, masa remaja sangat ditentukan oleh berhasil tidaknya anak melalui tahapan-tahapan pra remaja. Masa remaja akan berlangsung secara relatif tenang dan bebas dari gejolak-gejolak besar, bila ia telah melalui tahapan pra remaja dengan baik.

www.tumbuhkembanganakku.com

Provided By: KLINIK TUMBUH KEMBANG ANAK ONLINE Supported By: GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 085101466102 – 085100466103 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 2961425208131592-2012 – 08131592-2013 – 08131592-2012 email : judarwanto@gmail.com http://growupclinic.com Facebook: http://www.facebook.com/GrowUpClinic Twitter: @growupclinic Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BBM 76211048 Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Online Alergi Anak : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online Sulit makan dan Gangguan Berat Badan : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen *** We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2015, Klinik Tumbuh Kembang Anak Online, Information Education Network. All rights reserved

Tentang The Children Indonesia

WORKING TOGETHER SUPPORT TO THE HEALTH OF ALL CHILDREN. Advancing of the future children to optimalized physical, mental and social health and well being for fetal, newborn, infant, children, adolescents and young adult
Tulisan ini dipublikasikan di Perkembangan Normal dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s